About Us

Jumat, 03 Juni 2011

Variasi Alat Latihan Di Australia


[Laporan Langsung] : Hari Ketiga Training Camp di Perth, Australia Bersama WBA (31 Mei - 13 Juni )

Latihan hari kedua bagi CLS Knights di Perth, Australia tetap dijalankan dengan semangat yang sangat tinggi. Suasana sarapan pagi di Sun Moon Resort tempat CLS Knights menginap tampak ceria, “mungkin karena ada matahari pagi ini”, kata Agustinus Indrajaya kapten CLS Knights.

Sampai di Western Australia Arena, tempat CLS biasa berlatih, di lapangan telah disuguhi pemandangan alat-alat yang tidak umum tampak ada di lapangan bola basket yaitu : beberapa gulungan tali yang cukup besar, bola-bola tenis,dan beberapa alas karet yang berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 20 cm.

Coach Blair (pelatih fisik WBA) ternyata menggunakan alat-alat yang cukup variatif dalam latihan fisik untuk CLS Knights selama di Australia. Mengawali latihan Dimaz dkk berlatih berpasangan dengan menggunakan bola tenis,mereka berlatih lempar tangkap dengan memakai bola-bola tenis tersebut. Sekilas latihan tampak sederhana akan tetapi menurut Andre Yuwadi (pelatih fisik CLS Knights) ;” latihan tersebut sangat kompleks karena banyak mengandung koordinasi gerak,mata,dan kaki”.

Di akhir sesi latihan siang, walau sudah tampak penat CLS Knights masih harus menjalankan menu latihan power dengan menggunakan latihan dua gulung tali yang sangat besar. Mulai dari lari melompati gulungan tali sampai menggerakan gulungan tali membentuk gelombang memaksa anak-anak CLS Knights berteriak-teriak untuk saling menyemangati dan mengerahkan tenaga.

Pelaksanaan latihan dibagi dalam dua kelompok, satu kelompok melatih power dengan menggunakan tali sementara kelompok lain menggunakan piringan karet untuk melatih pinggang dan punggung yang lazim dikenal sebagai latihan ‘core’. Wijaya Saputra mengungkapkan, bahwa dia pernah melihat bentuk-bentuk latihan tersebut dijalankan oleh Dwayne Wade bintang Miami Heat (NBA Amerika). Lain dengan Dimaz Muhari,menurut Dimaz latihan ini telah dijalankan oleh CLS Knights di Indonesia, tetapi dengan variasi alat yang ‘tidak umum’ membuat jadi lebih bersemangat melakukan drillnya.



Efek Latihan di Australia

Program latihan CLS Knights di Australia telah berlangsung dua hari, meliputi empat sesi latihan. Seluruh latihan tersebut menuntut pelaksanaan yang sesempurna mungkin, menyitir ucapan Coach Shawn (Asisten pelatih Perth Wildcat) ‘only perfect practice,can makes perfect game’. Maksimum effort berarti maksimum tenaga dalam setiap drill-drill yang dijalankan, ditambah melawan suhu yang dingin cukup membuat CLS Knights terkuras tenaganya.

Di sesi sore pada hari kedua, dalam drill-drill ballhandling dan shooting beberapa pemain tampak menahan rasa sakit di kaki. “Dingin banget jadi bikin paha seperti mau kram” kata Andre Ekayana. Walau demikian dengan sedikit tertatih anak-anak CLS Knights menolak untuk berhenti berlatih, mereka terus berlari,dribble,dan shooting untuk menyelesaikan target yang dibebankan oleh tim pelatih WBA.

Dari pinggir lapangan,Pak Sapto (Sapto Wahyu Purnomo,asisten manajer CLS Knights) berkomentar “seandainya semangat anak-anak berlatih nanti di Surabaya sama dengan semangat yang mereka tunjukkan di Australia,sebagai tim pasti CLS akan mampu menjangkau level yang lebih tinggi”. Melihat dari kebiasaan klub-klub olahraga dunia (sepakbola, bola basket, dsb) yang selalu memilih tempat berlatih di luar negeri untuk mengawali musim pertandingannya, bukan tidak mungkin efek seperti yang terjadi di CLS selama berlatih di Australia ini yang diharapkan tercipta.

Selanjutnya, pada Hari Sabtu besok, CLS Knights akan menghadapi tantangan yang berbeda. di hari itu, CLS Knights akan melakukan uji coba pertama mereka dengan menghadapi satu tim semi-pro dari kota Perth yakni Perry Lakes Hawks. Perry Lakes Hawks merupakan salah satu tim kontestan SBL (State Basketball League) yang memiliki prestasi cukup baik. Beberapa tahun belakangan tim itu berhasil masuk dalam jajaran 4 besar di liga-nya.

Uji coba pertama bagi Andrie Ekayana dkk tersebut akan menjadi evaluasi bagi tim WBA mengenai progress latihan yang telah di jalani selama 4 hari. Semoga akan banyak sekali manfaat yang dapat di petik oleh anak-anak CLS Knights. Selanjutnya, CLS Knights juga akan berhadapan dengan dua tim kuat lainnya yakni Wanneroo Wolves pada hari Selasa, dan terakhir ber ujicoba dengan Lakeside Lighting pada hari Rabu.

Jadwal Uji Coba CLS Knights di Australia :

Sabtu (4 Juni 2011), Pukul 16.30 (15.30 WIB) : CLS Knights vs Perry Lakes Hawks

Selasa (7 Juni 2011), Pukul 19.30 (18.30 WIB) : CLS Knights vs Wanneroo Wolves

Rabu (8 Juni 2011), Pukul 12.00 (11.00 WIB) : CLS Knights vs Lakeside Lighting



Tidak ada komentar:

Posting Komentar