About Us

Minggu, 24 April 2011

"Si Anak hilang kini Kembali Lagi"

Wawancara dengan Pemain Paling Senior di Nuvo CLS Knights Andrie "Yayan" Ekayana

Cedera pada bagian lutut yang cukup panjang memberikan cerita tersendiri bagi Andrie “ Yayan” Ekayana dalam perjalanannya sebagai atlit Bola Basket. Yayan (sapaan akrab) tidak dapat tampil maksimal membela Nuvo CLS Knights di perlehatan NBL Indonesia musim 2010-2011.

Bagaimana Motivasi/ kiat-kiat khusus dari seorang Andrie Ekayana pemain paling senior di Nuvo CLS Knights Surabaya untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap kemampuannya??, dalam rangkaian menyongsong NBL Indonesia musim 2011-2012. Apalagi, dimusim akan datang, Yayan mengemban tugas yang cukup berat, Mengantarkan Nuvo CLS Knights Surabaya ketangga Juara. Berikut petikan wawancara Penulis dengan Andrie “Yayan” Ekayana.

1. Semenjak terbelit cedera di awal tahun 2010. Bagaimana kondisi saat ini Pasca Cedera yang cukup panjang ?, ada sedikit kekecewaan tidak dapat tampil maksimal dalam NBL Indonesia musim lalu ?


Kondisi saat ini udh jauh lebih baek, Dua minggu latian juga udah menunjukkan peningkatan.. Kecewa udh pasti, atmosfer pertandingan dan liga yg bagus,membuat saya pengen segera kembali.. Selama diberi kesehatan,akan saya tunjukkan saya belum 'habis'!!! :)


2. Menurut mas Yayan sebagai pemain paling senior di tim CLS Knights, bagaimana pencapaian CLS Knights di musim lalu ?

Pencapaian yg luar biasa, dengan materi yg minim bisa menembus final.. Salut buat teman2 saya di Nuvo clsknights yg berjuang ekstra keras taun lalu..


3. CLS Knights adalah salah satu tim yang banyak di huni oleh pemain-pemain muda berbakat. Ada kiat-kiat khusus untuk tetap bersaing dengan mereka ?, Selain itu, bagaimana mas Yayan memposisikan diri sebagai pemain paling senior, untuk membantu para pemain muda di CLS Knights ?

Saya menikmati peran itu, membantu 'adik2' saya di Nuvo clsknights.. Saat saya belom bisa bermain,saya akan membantu motivasi mereka.. Selama mereka menunjukkan kemauan untuk belajar,saya akan membantu dengan pengalaman saya agar mereka bisa berkembang maksimal.. Tapi, jika tidak ada kemauan,saya tidak bisa memaksa.. Semua atas usaha mereka sendiri ,saya hanya membantu..


4. Masuk ke topik utama. Mas Yayan akan di Plot menjadi seorang PG (Point Guard). Bagaimana mas Yayan menangapi hal tsbt??, Ada kesulitan untuk beradaptasi ??, boleh donk, di jelaskan kepada pembaca kiat-kiat khusus menjadi Point Guard. Percaya pasti banyak yang terinspirasi.. :D

memang masih canggung di posisi baru ini,. Karena pada dasarnya saya adalah seorang striker,. Saya akan mencoba lebih sabar dalam bermain, berusaha memahami satu per satu kemauan+kemampuan teman2 di tim.. Memberikan service yg baek pada mereka dalam bermain,. Mungkin saya akan memperbanyak sharing,berbicara tentang basket di luar lapangan dengan mereka agar bisa lebih maksimal..
Saya pengen belajar jadi PlayMaker ,bukan PoinMaker.. Hahaha

5. Sudah siap bersaing dengan Dimaz untuk memperebutkan posisi PG inti di tim CLS Knights ??, ada sedikit pesan bagi Dimaz agar dia waspada terhadap saingan terbarunya ??

Pada dasarnya persaingan terjadi di setiap posisi, ketika saya maen SG(Shooting Guard) pun saya juga harus bersaing dengan Sandy, Wijaya, Febri, & Jefrry. Karena gak otomatis 1 tempat jd milik saya.. Mereka menunjukkan perkembangan yg bagus..
Saya suka bersaing dalam team ,persaingan yg sehat tentunya.. Bersaing dgn dimaz bukan masalah, dia pemain yg bagus+berpotensi.. Semoga dengan persaingan yg terjadi, saya bisa bantu dia untuk bermain lebih baek dan matang..


6. Apa perbedaan mendasar dari seorang PG dengan SG/SF ??.... Posisi yang sangat vital dalam sebuah tim bola basket.

SG lebih pada finisher,pencetak poin,ujung tombak serangan, orang yg dilayani dan menyelesaikan sistem offense baek itu lewat penetrasi ,shooting, dan juga membuka peluang pemain laen untuk mencetak angka..

Sedangkan PG adalah orang yg mengatur ritme pertandingan suatu team, baek saat offense ataupun defense.. Dia yg menentukan cepat atau lambatnya sebuah game,memulai serangan, dan memimpin saat defense.. PG adalah pelayan dalam team..


7. 1 bulan lagi, CLS Knights akan mengikuti LA World Challenge. Itu ujian pertama anda sebagai seorang PG ??, Apa anda sudah belajar cara men-supply bola ke Pemain Asing (Chris Commons) ??..

Hahaha, saya akan memberikan dia bola2 ajaib!! Semoga dia punya refleks yg bagus untuk menangkap passing2 ajaib dr saya.. :) :D =D =))


8. Untuk Timnas Indonesia. Mas Yayan adalah salah satu pemain terbaik milik Indonesia. Ada sedikit kekecewaan tidak dapat bergabung dengan timnas proyeksi Sea-Games tahun ini ?, ada sedikit dukungan atau pesan buat teman-teman yang akan membela timnas di Sea-Games mendatang ??

Tidak ada kekecewaan, karena saya bermain sangat sedikit tahun ini.. Kondisi badan (bukan cuman kaki) jg belom 100% fit.. Saya merasa belum siap untuk bersaing dalam seleksi,lebih baik saya ada di klub ,berlatih dgn pelatih fisik untuk mengembalikan kebugaran saya..
Saya masih sering komunikasi dgn teman-teman yg sedang seleksi.. Saya berpesan pada mereka, agar bisa beradaptasi dgn teman-teman baru dan pelatih baru disana.. Karena timnas bukan masalah skill lagi,tapi sejauh mana mereka mampu memahami kemauan pelatih dan dengan cepat mampu menterjemahkan instruksi pelatih di lapangan.. Butuh fokus yg lebih, pemain yg 'lemot' pasti akan kecoret.. Semoga mereka bisa terpilih,bermain untuk timnas adlh pengalaman yg mahal..

9. Terakhir nih, Sedikit yang ingin Mas Yayan sampaikan untuk para fans yang selalu mendukung CLS Knights dan Anda ??


Hahaha. Terima kasih buat seluruh fans Nuvo Clsknights yg selalu mendukung saya dan team Nuvo Clsknights.. Thx masih menganggap saya adalah bagian penting dari team, walaupun taun lalu saya jarang maen.. Perlahan,saya sedang berusaha mengembalikan kebugaran dan performa saya lagi.. Mohon doanya supaya saya dijauhkan dari cedera lg.. Semoga taun depan, penonton yg make baju tulisan nya EKAYANA bisa banyak lagi.. Hahaha



Keterangan : Bertulis Tebal : Penulis , Bertulis standar : Andrie "Yayan" Ekayana

(Photo by Kelvin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar