About Us

Rabu, 03 November 2010

Semangat Lama, Kekuatan Baru




Sejak 2 musim kompetisi IBL terakhir ada yang terlihat tidak lazim di Jersey hitam CLS Knights, yaitu terteranya tulisan Kanji yang mengundang banyak pertanyaan.
"Apa artinya itu?", "Kok pakai bahasa Jepang sih?", "Itu Sponsor dari Perusahaan Asing ya?".
'
'
Menjawab semua pertanyaan itu, sebenarnya tulisan Kanji tersebut adalah Nama Asli klub CLS dalam bahasa Mandarin, saat awal didirikannya klub Basket ini pada bulan Februari 1946.
Saat itu sebuah yayasan yang mayoritas terdiri dari orang - orang keturunan etnis Tiong Hoa di Surabaya mendirikan sebuah klub Bola Basket dengan nama "Qun Li She" (baca: Cuin Li Se).
'
'
Arti dari nama tersebut adalah:
Qun: Bersama
Li: Kekuatan
She: Perkumpulan
Qun Li She: Perkumpulan yang didasari oleh Kekuatan Kebersamaan.
'
'
Pada masa Orde Baru, dengan dilarangnya penggunaan nama organisasi dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa lainnya, maka nama tersebut dirubah menjadi Cahaya Lestari Surabaya (CLS).
Sejak tahun 2007 dengan adanya perombakan tim dan masuknya Manajemen baru ke CLS, nama tersebut kembali dipakai, dengan dicantumkan pada Jersey hitam oleh Manajemen.
'
'
Tujuan dipakainya kembali nama Qun Li She pada Jersey hitam adalah untuk mengingatkan diri kami sendiri bahwa Kekuatan sebenarnya dari tim ini adalah berasal dari Kebersamaan, bukan hanya dari satu atau dua orang individu yang mempunyai skill layaknya Superstar.
Qun Li She bagi kami juga berarti tidak adanya perbedaan dalam tim ini; tidak ada membedakan antara senior dengan junior, tidak ada perbedaan antara bintang dengan cadangan, tidak ada membeda - bedakan ras, suku, dan agama.
Karena hanya dengan BERSATU tim ini menjadi KUAT.
'
'
Itulah arti Qun Li She sebenarnya. Sebuah nama lama dengan semangat yang tinggi dan layak untuk dijunjung kembali sebagai kunci dari Kekuatan CLS Knights.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar